1. Gambaran Umum


Fitur Manajemen Pengguna digunakan untuk mengatur hak akses yang dimiliki pengguna secara individual di BAPAS.


2. Cara Mengakses Fitur


Cara mengakses fitur Manajemen Pengguna dapat melalui Lain-lain Parameter Manajemen Pengguna. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1 Cara Mengakses Fitur


3. Alur Kerja Fitur

3.1. Alur Pencarian Pengguna


  1. Pengguna dapat melihat data pengguna yang ada pada tampilan awal. Tampilan manajemen pengguna dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2 Tampilan Awal Manajemen Pengguna


  1. Untuk mencari pengguna, pilihlah atribut pengguna yang mau dicari pada daftar pilihan Kolom Pencarian [1] dan masukkan kata pencariannya pada isian Masukkan Pencarian [2]. Pengguna dapat mecari pengguna yang tidak aktif dengan mencentang kotak centang Non-Aktif [3], ataupun pengguna yang baru aktif dengan mencentang kotak centang Baru [4]. Lalu tekan tombol Cari [5] untuk melakukan pencarian. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 3.

Gambar 3 Pencarian Pengguna


  1. Sedangkan untuk melihat rincian pengguna, tekanlah tombol Lihat [9]. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 4.

Gambar 4 Detail Data Pengguna dan Hak Aksesnya


3.2. Alur Penambahan Pengguna


  1. Untuk menambah pengguna, pengguna dapat menekan tombol Tambah [6]. Lalu sistem akan menampilkan form yang dapat dilihat pada Gambar 5.

Gambar 5 Catat Pengguna Baru


  1. Masukkan data pengguna mulai dari nama pada isian Nama [15] sampai unit kerja pada isian Unit Kerja [21]. Lalu pilihlah level administrator pada daftar pilihan Level [22].
  2. Setelah itu pilihlah hak akses pada modul atau fitur milik pengguna yang terdapat pada setiap kolom didalam tabel Daftar Hak Akses [14].
  3. Untuk memberikan hak akses pengguna pada modul dan fitur Biometric, pengguna dapat mencari pada bagian Biometric [30]. Lalu lakukanlah pemilihan dan pencentangan pada pilihan dan kotak centang yang tersedia.
  4. Tekan tombol Simpan [34] untuk menyimpan data pengguna baru, atau tombol Kembali [35] untuk membatalkan penyimpanan.


3.3. Alur Pengubahan Pengguna


  1. Untuk mengubah pengguna, pengguna dapat menekan tombol Ubah [8]. Lalu sistem akan menampilkan form yang dapat dilihat pada Gambar 6.

Gambar 6 Mengubah Pengguna


  1. Masukkan data perubahan pengguna pada isian (seperti isian Nama [15] atau Unit Kerja [21]). Selain itu untuk perubahan level pengguna, pilihlah pada daftar pilihan Level [22].
  2. Setelah itu pilihlah hak akses pada modul atau fitur milik pengguna yang akan dirubah pada kolom didalam tabel Daftar Hak Akses [14].
  3. Tekan tombol Simpan [34] untuk menyimpan data perubahan pengguna, atau tombol Kembali [35] untuk membatalkan penyimpanan.


3.4. Alur Penghapusan Pengguna


  1. Untuk menghapus pengguna, pengguna dapat menekan tombol Hapus [10]. Lalu sistem akan menampilkan form yang dapat dilihat pada Gambar 7.

Gambar 7 Menghapus Pengguna


  1. Tekan tombol Hapus [36] untuk menghapus data pengguna, atau tombol Kembali [35] untuk membatalkan penghapusan.


Catatan:

  • Diharapkan untuk berhati-hati dalam memberikan hak untuk menghapus dikarenakan pengguna dapat menghapus data yang ada pada modul dan fitur [10].
  • Jika pengguna memiliki hak untuk menghapus dengan memilih pilihan Hak Delete [32], pengguna tetap tidak akan bisa menghapus apabila pilihan Hanya Melihat [28] dipilih. Seharusnya Hak Akses Penuh [29] yang dipilih untuk pengguna.
  • Sistem akan mencatat setiap transaksi apapun yang dilakukan username didalam SDP pada log file.


4. Keterangan


No

Nama Objek

Jenis

Keterangan

1

Kolom Pencarian

Daftar Pilihan

Memilih rincian hasil pencarian berdasarkan kriteria yang tersedia. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Semua = Tidak menspesifikasikan pencarian.

2. Username = Nama user yang dicari.

3. Nama = Nama pengguna yang dicari.

4. NIP = Nomor Induk Pegawai milik pengguna yang dicari.

5. Level = Level milik pengguna yang dicari.

6. Email = Alamat email milik pengguna yang dicari.

7. Login Terakhir = Tanggal aktifitas login terakhir pengguna yang dicari.

2

Masukkan Pencarian

Isian

Tulisan yang dicari berdasarkan daftar pilihan Kolom Pencarian [1].

3

Non-Aktif

Kotak Centang

Pencarian untuk pengguna yang tidak aktif.

4

Baru

Kotak Centang

Pencarian untuk pengguna yang baru didaftarkan.

5

Cari

Tombol

Mencari data pengguna.

6

Tambah

Tombol

Menambah data pengguna baru.

7

Hasil Pencarian

Tabel

Menampilkan hasil pencarian data pengguna. Kolom tabel yang ada adalah:

1. Username = Nama user yang digunakan pengguna ketika mendaftar.

2. Nama = Nama pengguna.

3. NIP = Nomor Induk Pegawai milik pengguna.

4. Level = Level yang dimiliki pengguna. Untuk melihat lebih lanjut mengenai level, dapat dilihat pada fitur Manajemen Level.

5. Email = Alamat email milik pengguna.

6. Login Terakhir = Tanggal aktifitas login terakhir yang dilakukan pengguna.

8

Ubah

Tombol

Mengubah data pengguna dan hak akses yang dimiliki.

9

Lihat

Tombol

Melihat rincian data pengguna dan hak akses yang dimiliki.

10

Hapus

Tombol

Menghapus data pengguna.

11

Detil Data Pengguna

Tulisan

Rincian data pengguna yang dipilih.

12

Hak akses pada modul yang dimiliki pengguna.

13

Hak akses pada fitur yang dimiliki pengguna.

14

Daftar Hak Akses

Tabel

Daftar hak akses apa saja pada modul dan fitur yang dapat diberikan kepada pengguna.

15

Nama

Isian

Nama milik pengguna baru/perubahan yang akan dibuat.

16

Username

Isian

Nama pengguna baru/perubahan yang akan dibuat.

17

Password

Isian

Kata sandi pengguna baru/perubahan yang akan dibuat.

18

Email

Isian

Email milik pengguna baru/perubahan yang akan dibuat.

19

No HP

Isian

Nomor HP milik pengguna baru/perubahan yang akan dibuat.

20

NIP

Isian

Nomor Induk Pegawai milik pengguna baru/perubahan yang akan dibuat.

21

Unit Kerja

Isian

Tempat dimana pengguna baru/perubahan yang akan dibuat bekerja.

22

Level

Daftar Pilihan

Daftar level pengguna yang ditambah/dirubah pada fitur Manajemen Level.

23

Header Hanya Melihat

Kotak Centang

Membuat pengguna memiliki hak melihat semua modul atau fitur yang ada pada SDP. Jika dicentang, maka kotak centang Header Hak Akses Penuh [24] dan Header Tidak Punya Akses [25] tidak tercentang.

24

Header Hak Akses Penuh

Kotak Centang

Membuat pengguna memiliki hak melihat dan mengubah data disemua modul atau fitur yang ada pada SDP. Jika dicentang, maka kotak centang Header Hanya Melihat [23] dan Header Tidak Punya Akses [25] tidak tercentang.

25

Header Tidak Punya Akses

Kotak Centang

Membuat pengguna tidak memiliki hak apapun baik melihat, mengubah dan menghapus didalam semua modul atau fitur yang ada pada SDP. Jika dicentang, maka kotak centang Header Hak Hanya Melihat [23] dan Header Hak Akses Penuh [24] tidak tercentang.

26

Header Dual Password

Kotak Centang

Mengatur agar SDP meminta pengguna melakukan login dengan pengguna tambahan untuk mengakses semua modul atau fitur yang ada pada SDP (Contohnya administrator perlu izin supervisor untuk mengakses).

27

Header Hak Delete

Kotak Centang

Membuat pengguna dapat menghapus data didalam semua modul atau fitur yang ada pada SDP.

28

Hanya Melihat

Pilihan

Membuat pengguna memiliki hak melihat modul atau fitur yang dipilih. Jika dicentang, maka kotak centang Hak Akses Penuh [29] dan Tidak Punya Akses [30] tidak tercentang.

29

Hak Akses Penuh

Pilihan

Membuat pengguna memiliki hak melihat dan mengubah data didalam modul atau fitur yang dipilih. Jika dicentang, maka kotak centang Hanya Melihat [28] dan Header Tidak Punya Akses [30] tidak tercentang.

30

Tidak Punya Akses

Pilihan

Membuat pengguna tidak memiliki hak apapun baik melihat, mengubah dan menghapus didalam modul atau fitur yang dipilih. Jika dicentang, maka kotak centang Hak Hanya Melihat [28] dan Hak Akses Penuh [29] tidak tercentang.

31

Dual Password

Kotak Centang

Mengatur agar SDP meminta pengguna melakukan login dengan pengguna tambahan untuk mengakses modul atau fitur yang dipilih (Contohnya administrator perlu izin supervisor untuk mengakses).

32

Hak Delete

Kotak Centang

Membuat pengguna dapat menghapus data pada modul atau fitur yang dipilih.

33

Hak Akses Biometric, mulai dari registrasi, pegawai, kunjungan dan tamu dinas.

34

Simpan

Tombol

Menyimpan hasil penambahan/perubahan pengguna.

35

Kembali

Tombol

Membatalkan penambahan/perubahan/penghapusan pengguna.

36

Hapus

Tombol

Konfirmasi menghapus data pengguna.