1. Gambaran Umum


Parameter Upload Penandatangan digunakan untuk mengatur siapa penandatangan SK dan gambar tandatangannya. Parameter ini bisa dibuka oleh semuanya (UPT, Kanwil dan pusat) dengan perbedaan bahwa pusat bisa menambah tandatangan ke Kanwil atau UPT, dan Kanwil bisa menambah tandatangan ke UPT. Untuk tandatangan yang ditambahkan oleh pusat ataupun Kanwil ke UPT, tandatangan akan diterima oleh SDP di UPT setelah UPT melakukan Konsolidasi pada Alur Terima Data dari Pusat.


2. Cara Mengakses Parameter


Cara mengakses parameter Upload Penandatanganan dapat melalui Lain-lain Parameter Upload Penandatangan.


3. Alur Kerja Parameter

3.1. Alur Pencarian Penandatangan


  1. Untuk mencari penandatangan, pilihlah kriterianya yang ingin dicari pada daftar pilihan Kolom Pencarian [3] dan masukkan kata pencariannya pada isian Masukkan Pencarian [4]. Lalu tekan tombol Cari [5] untuk melakukan pencarian. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1 Tampilan Awal Upload Penandatangan (Pusat)


Gambar 2 Tampilan Awal Upload Penandatangan (Kanwil)


Gambar 3 Tampilan Awal Upload Penandatangan (UPT)


  1. Pengguna dapat melihat data penandatangan secara rinci dengan menekan tombol Lihat [10]. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 4.

Gambar 4 Rincian Penandatangan


  1. Selain itu pengguna dapat melihat tandatangan ketika disisipkan kedalam dokumen dengan menekan link Preview PDF [8] ataupun link Preview HTML [9]. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 5.

Gambar 5 Lihat Penyisipan Tandatangan Kedalam Dokumen


3.2. Alur Penambahan Penandatangan

  1. Untuk menambah penandatangan, pengguna dapat menekan tombol Tambah [7]. Lalu sistem akan menampilkan form yang dapat dilihat pada Gambar 6.

Gambar 6 Pengisian Penandatangan


  1. Masukkan nama pengguna yang akan ditambahkan tandatangannya pada isian Pengguna [13]. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 7.

Gambar 7 Menghubungkan Antara Penandatangan dengan Penggunanya


  1. Setelah itu masukkan nama penandatangannya pada isian Penandatangan [14] dan jabatannya pada isian Jabatan [15].
  2. Lalu masukkan kemana peruntukan penandatangan yang akan dibuat. Jika untuk Ditjen, maka daftar pilihan Kanwil [16] harus dikosongkan. Sedangkan jika untuk Kanwil, maka daftar pilihan Kanwil [16] harus dipilih dan UPT [17] harus dikosongkan. Selain itu jika untuk UPT, maka daftar pilihan Kanwil [16] dan UPT [17] harus dipilih.
  3. Untuk melakukan upload gambar tandatangan, tekanlah tombol Browse [18]. Setelah itu sistem akan menampilkan popup untuk mencari file yang dapat dilihat pada Gambar 8. Pilihlah gambar tandatangan dalam format file PNG yang tersimpan didalam komputer.

Gambar 8 Popup Upload File Tandatangan


  1. Tekan tombol Simpan [19] untuk menyimpan penandatangan, atau tombol Kembali [20] untuk membatalkan penyimpanan.


3.3. Alur Pengubahan Pengguna


  1. Untuk mengubah pengguna, pengguna dapat menekan tombol Ubah [11]. Lalu sistem akan menampilkan form yang dapat dilihat pada Gambar 9.

Gambar 9 Mengubah Penandatangan


  1. Masukkan data perubahan penandatangan pada Pengguna [13], Penandatangan [14] dan Jabatan [15]. Selain itu pengguna juga dapat merubah peruntukan penandatangan tersebut pada Kanwil [16] dan UPT [17].
  2. Lakukan upload gambar tandatangan baru dengan menekan tombol Browse [18]. Hal ini wajib dilakukan meskipun pengguna masih ingin menggunakan gambar tandatangan sebelumnya.
  3. Tekan tombol Simpan [19] untuk menyimpan data perubahan penandatangan, atau tombol Kembali [20] untuk membatalkan penyimpanan.


3.4. Alur Penghapusan Penandatanganan


  1. Untuk menghapus penandatanganan, pengguna dapat menekan tombol Hapus [12]. Lalu sistem akan menampilkan form yang dapat dilihat pada Gambar 9.

Gambar 9 Menghapus Penandatanganan


  1. Tekan tombol Hapus [21] untuk menghapus data penandatanganan, atau tombol Kembali [20] untuk membatalkan penghapusan.


Catatan:

  • Satu pengguna bisa memiliki banyak bentuk tandatangan. Hal ini memungkinkan untuk menyimpan format tandatangan sesuai dengan kebijakan saat ini tanpa menghapus format sebelumnya.
  • Penandatangan bisa digunakan untuk melakukan aktifitas tandatangan elektronik jika:


4. Keterangan


No

Nama Objek

Jenis

Keterangan

1

Kanwil

Daftar Pilihan

Memilih rincian hasil pencarian berdasarkan pemilikan tandatangan di Kanwil. Jika dipilih Semua maka semua akan ditampilkan.

2

UPT

Daftar Pilihan

Memilih rincian hasil pencarian berdasarkan pemilikan tandatangan di UPT. Pengguna diharuskan memilih pada daftar pilihan Kanwil [1] untuk dapat memilih. Jika dipilih Semua maka semua akan ditampilkan.

3

Kolom Pencarian

Daftar Pilihan

Memilih rincian hasil pencarian berdasarkan kriteria yang tersedia, dimana kata yang ingin dicari dimasukkan pada isian Masukkan Pencarian [4]. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Semua = Mencari berdasarkan semua kriteria.

2. Penandatangan = Nama penandatangan yang dicari.

3. Jabatan = Jabatan penandatangan yang dicari.

4

Masukkan Pencarian

Isian

Masukkan kata yang ingin dicari berdasarkan Kolom Pencarian [3].

5

Cari

Tombol

Mencari data penandatangan.

6

Hasil Pencarian

Tabel

Menampilkan hasil pencarian penandatangan. Kolom tabel yang ada adalah:

1. Penandatangan = Nama penandatangan.

2. Jabatan = Jabatan penandatangan.

3. Tandatangan = Tampilan gambar tandatangan yang sudah di upload.

4. Kanwil = Nama Kanwil dimana tandatangan tersebut berlaku (Hanya muncul di pusat dan Kanwil).

5. UPT = Nama UPT dimana tandatangan tersebut berlaku (Hanya muncul di Kanwil).

7

Tambah

Tombol

Menambah data penandatangan baru.

8

Preview PDF

Link

Melihat tandatangan jika disisipkan kedalam dokumen. Hal ini ditampilkan kedalam format file PDF.

9

Preview HTML

Link

Melihat tandatangan jika disisipkan kedalam dokumen. Hal ini ditampilkan kedalam bentuk website HTML.

10

Lihat

Tombol

Melihat rincian data penandatangan.

11

Ubah

Tombol

Mengubah data penandatangan.

12

Hapus

Tombol

Menghapus data penandatangan.

13

Pengguna

Isian

Pengguna (misalkan Dirjen, Direktorat Teknis, Menteri-Staf Khusus, dan lainnya) yang akan disambungkan dengan penandatangan yang akan dilakukan upload baru/perubahan.

14

Penandatangan

Isian

Nama penandatangan baru/perubahan yang akan dibuat.

15

Jabatan

Isian

Jabatan penandatangan baru/perubahan yang akan dibuat.

16

Kanwil

Daftar Pilihan

Mengatur apakah penandatangan baru/perubahan yang akan dibuat diperuntukkan untuk Kanwil tertentu. Jika dikosongkan, maka penandatangan diperuntukkan untuk pusat.

17

UPT

Daftar Pilihan

Mengatur apakah tandatangan baru/perubahan yang akan dibuat diperuntukkan untuk UPT. Sebelum pengguna memilih UPT, pengguna diharuskan memilih daftar pilihan Kanwil [16] terlebih dahulu. Jika dikosongkan, maka penandatangan diperuntukkan untuk Kanwil.

18

Browse

Tombol

Membuka popup Upload File Tandatangan untuk menambahkan gambar tandatangan berformat file PNG yang disimpan sebelumnya didalam komputer. Popup dapat dilihat pada Gambar 7.

19

Simpan

Tombol

Menyimpan hasil penambahan/perubahan penandatangan.

20

Kembali

Tombol

Membatalkan penambahan/perubahan/penghapusan penandatangan.

21

Hapus

Tombol

Konfirmasi menghapus data penandatanganan.